Manfaat Buah Ciplukan Bagus untuk Kesehatan Tubuh

0 Comments
Physalis Or Ground Cherry

Siapa yang tidak tahu buah ciplukan, Banyak tumbuh liar di kebun, buah ciplukan atau golden berry dulu hanya dianggap gulma atau tanaman liar.

Selain rasanya yang manis buah yang satu ini ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, hingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kini satu kilogram ciplukan dibandrol dengan harga mencapai Rp200.000-Rp500.000, lho.

Beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah ciplukan, seperti vitamin C, vitamin A, tiamin, riboflavin, polifenol, niasin, zat besi, dan fosfor, dapat mendukung dan menjaga kesehatan.

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan tubuh adalah:

  1. Meningkatkan imunitas tubuh

 

Mengonsumsi buah ciplukan mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Hal ini karena kandungan polifenol dan vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya.

  1. Menunjang kesehatan tulang

 

Manfaat buah ciplukan berikutnya adalah mendukung kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dalam buah ini berperan penting dalam metabolisme tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan menurunkan risiko patah tulang.

  1. Mendukung kesehatan mata

 

Selain tinggi kandungan vitamin K, buah ciplukan juga mengandung vitamin A. Kandungan vitamin A yang terdapat pada buah ciplukan mampu menjaga kesehatan mata.

 

Selain vitamin A, buah ciplukan juga mengandung lutein dan karotenoid. Mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan karotenoid mampu menurunkan risiko terkena degradasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Mencegah penyakit kanker

 

Manfaat buah ciplukan yang lain adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini karena buah ciplukan mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan ini mampu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu kerusakan sel dalam tubuh.

 

Selain itu, buah ciplukan juga mengandung senyawa withanolides yang memiliki efek antiradang atau antiinflamasi, yang diyakini mampu melawan kanker kolon.

 

Penelitian lain menunjukkan bahwa buah ciplukan mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker paru dan kanker mulut. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

  1. Melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas

Manfaat paling penting dari buah ciplukan berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal ini membuat ciplukan dipercaya sebagai sumber suplemen nutrisi yang ideal untuk berbagai jenis penyakit.

  1. Mengatasi rasa nyeri

Senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam buah ciplukan dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh radang sendi, asam urat, nyeri otot, atau bahkan wasir. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa ekstrak ciplukan bisa mengatasi nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit lupus.

  1. Menurunkan berat badan

Sebagai makanan rendah kalori, yaitu hanya mengandung 53 kalori per 100 gram, buah ciplukan adalah alternatif yang baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Buah mungil ini memberi asupan nutrisi harian yang besar untuk tubuhmu tanpa menyumbang lemak atau kalori negatif. Kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari tanpa khawatir banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ciplukan, konsumsilah buah yang telah matang atau berwarna oranye. Hindari mengonsumsi buah ciplukan yang masih mentah, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan pencernaan, kram, dan diare.

Gak heran bila ciplukan yang dulu hanya dijadikan camilan anak-anak yang sedang bermain berubah menjadi buah kecil yang dijual dengan harga sangat mahal. Rupanya khasiat yang terkandung memang luar biasa untuk kesehatan tubuhmu

Meskipun memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ciplukan.

Tinggalkan Balasan