Merawat Gigi Behel Agar Tidak Kuning

Tips Merawat Gigi Behel Agar Tetap Sehat

Pada umumnya orang yang memiliki kelainan posisi gigi atau rahang dalam mulutnya dianjurkan pakai kawat gigi atau sering disebut behel . Misalnya saja, gigi yang berjejalan dan berantakan, entah itu karena gigi tumbuh terlalu ke belakang, terlalu ke depan, gigi yang posisinya berputar, atau miring.

Selain itu behel gigi bisa mempercantik tampilan gigi Anda. Tetapi, gigi behel pun membutuhkan perawatan khusus agar kesehatan gigi tetap terjaga. Ini karena saat memakai behel, gigi akan terhalangi oleh behel sehingga lebih sulit untuk menjangkau area gigi terutama di sela-selanya.

Berikut ini cara merawat gigi behel yang bisa Anda lakukan

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

 

Tips yang pertama ini khusus untuk Anda yang giginya baru saja dipasangi behel. Saat baru pertama kali menggunakan behel, pastinya Anda akan merasakan nyeri di area gigi, bukan? Ini disebabkan gigi belum bisa beradaptasi dengan tekanan yang diberikan oleh kawat gigi.

 

Guna meredakan rasa nyeri tersebut, yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur menggunakan segelas air yang sudah dicampur 2 sendok makan garam. Berkumurlah secara rutin dua kali sehari saat pagi dan malam hari.

  1. Menggosok Gigi dengan Sikat Gigi Khusus

 

Gigi behel bukan berarti tidak bisa dibersihkan, ya. Justru Anda harus lebih rajin menggosok gigi agar tidak terjadi plak akibat penumpukan sisa makanan di gigi maupun di sela-sela kawat gigi.

 

Selain itu, rajin menggosok gigi juga mencegah gigi Anda agar tidak kuning, yang mana hal ini akan mengurangi estetika gigi. Cara merawat gigi behel agar tidak kuning dan bebas plak adalah dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi khusus yang memiliki bulu sikat halus, dan pasta gigi ber-flouride untuk mencerahkan gigi serta mencegah pengeroposan.

 

Kemudian, gosok gigi secara perlahan dengan gerakan naik turun ke sela-sela gigi dan behel selama 3-5 menit. Lakukan kegiatan ini secara rutin 2-3 kali dalam sehari, yaitu pagi hari, siang sehabis makan, dan malam sebelum tidur.

  1. Membersihkan Sisa Makanan dengan Benang Gigi

 

Selain menyikat gigi secara teratur, cara merawat gigi behel juga dengan membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-gigi ataupun kawat menggunakan benang gigi khusus atau disebut dental floss.

 

Ini penting untuk dilakukan karena gigi yang berbehel lebih rentan membentuk karang jika tidak diperhatikan secara serius. Anda bisa mempraktikan cara ini setelah menggosok gigi terlebih dahulu.

  1. Berkumur dengan Obat Kumur

 

Kalau tadi air garam diperuntukkan untuk menghilangkan nyeri saat baru menggunakan behel, maka setelah behel terpasang sekian lama, Anda tetap perlu berkumur, namun kali ini menggunakan obat kumur yang banyak ditemui di pasaran.

 

Berkumur menggunakan obat kumur (mouthwash) adalah cara merawat gigi behel yang efektif membantu melawan kuman dan bakteri penyebab bau mulut dan gigi berlubang. Obat kumur diperkaya dengan sejumlah zat yang penting untuk merawat gigi dan mulut sehingga jangan sampai Anda luput dari aktivitas ini. Pakailah obat kumur setiap habis menggosok gigi.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Lengket

 

Cara merawat gigi behel juga bisa dengan sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan-makan yang lengket seperti permen karet, marshmallow, atau dodol. Makanan-makanan tersebut cenderung mudah untuk menempel di sela-sela behel dan gigi, namun agak sulit untuk dilepaskan. Hal ini tentu saja berpotensi menimbulkan pengeroposan gigi dan berkembangnya kuman.

  1. Menghindari Makanan Keras yang Meninggalkan Remah-Remah

Selain makanan lengket, cara merawat gigi behel agar tetap sehat bebas kuman adalah menghindari makanan-makanan keras seperti coklat, kerupuk, dan kacang yang mana ketika dikunyah, akan meninggalkan remah-remah yang bisa menempel di gigi dan sela-sela kawat.

 

Kalaupun mengonsumsi makanan-makanan tersebut, sehabis itu langsung berkumur dan menggosok gigi agar tidak ada remah-remah tertinggal yang bisa merusak gigi dan kawat gigi.

  1. Hindari Minuman Bersoda

 

Ada baiknya jika Anda juga menghindari konsumsi minuman bersoda sebagai cara merawat gigi behel agar tetap sehat. Kandungan soda pada minuman ringan berpotensi menimbulkan plak pada gigi, dan kerusakan pada kawat gigi akibat reaksi soda terhadap besi kawat.

  1. Memakai Retainer

 

Pasca behel dilepas, bukan berarti urusan Anda dengan gigi selesai begitu saja. Selama 1-2 tahun setelah behel atau kawat gigi dilepas, dokter akan meminta Anda untuk menggunakan alat yang dinamakan retainer. Retainer adalah alat yang berfungsi untuk menjaga gigi agar tidak kembali ke kondisi sebelum gigi dipasangi behel.

 

Penggunaan retainer adalah cara merawat gigi behel pasca terapi pembetulan gigi yang mutlak dijalani oleh Anda yang mengunakan kawat gigi. Gunakan alat ini secara rutin atau usaha Anda merapikan gigi selama ini akan sia-sia.

 

 

  1. Mesti rutin periksa ke dokter gigi

 

Jika Anda telah menggunakan kawat gigi permanen, kontrol rutin wajib dilakukan. Umumnya dokter gigi akan menyarankan waktu kontrol 3 minggu sekali, bisa lebih sering atau lebih lama tergantung kasus dan fase perawatan yang sedang dilakukan.

 

Saat kontrol, dokter gigi akan melakukan pembersihan gigi, penggantian karet, penggantian kawat jika dibutuhkan, memasang ulang lem bracket yang lepas, pemasangan alat tambahan, dan lain-lain sesuai dengan kasus gigi yang Anda miliki. Jika ditemukan lubang pada gigi, nantinya gigi Anda juga akan ditambal.

 

  1. Sikat gigi dengan benar

 

Umumnya Anda wajib sikat gigi minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Anda juga disarankan melakukan hal berikut ini:

Dianjurkan menggunakan sikat gigi khusus ortho.

Menggunakan sikat interdental dan benang gigi setelah makan untuk membersihkan sela-sela gigi yang sulit dibersihkan.

Menggunakan obat kumur yang memiliki kandungan fluoride setelah sikat gigi untuk mencegah gigi berlubang.

 

Selain rajin sikat dan membersihkan gigi sehabis makan, ada cara khusus saat menyikat gigi. Anda harus menyikat gigi saat pagi dan malam sebelum tidur menggunakan pasta gigi mengandung fluoride untuk menghindari terjadinya proses berlubang pada gigi.

 

Pastikan saat menyikat gigi semua permukaan gigi tersikat (bagian depan yang menghadap pipi atau bibir, bagian belakang yang menghadap lidah atau langit-langit, serta permukaan kunyah), terutama bagian sela-sela gigi, di sekitar kawat, dan bracket (bagian yang menempel ke gigi).

 

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dianjurkan pakai sikat gigi ortho. Sikat gigi ortho adalah sikat yang bulu di bagian tengahnya lebih pendek dibandingkan di bagian pinggir. Sikat gigi ortho ini terbukti dapat membersihkan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi biasa.

 

Itu dia tips atau cara merawat gigig behel agar tetap sehat dan bebas dari infkesi kuman atau bakteri. Gigi indah dan rapi akan percuma jika tidak terjaga kesehatannya. Jangan malas merawat gigi Anda, ya. Semoga bermanfaat!