Penuhi Kebutuhan Serat untuk Perkembangan Si Kecil

0 Comments
Kebutuhan Serat

Tahukah bunda, Serat sangat penting untuk perkembangan si kecil? Terutama masalah pencernaan.

Salah satu cara yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga perkembangan Si Kecil adalah dengan memberikan makanan cukup serat pada buah hati bunda.

Manfaat Serat yang Perlu bunda Ketahui

Sebagian besar orang mengerti bahwa mereka membutuhkan makanan berserat, namun tidak banyak orang yang sepenuhnya tahu makanan mana yang kaya akan serat dan mana yang tidak.

Asupan berserat tinggi penting untuk dikonsumsi si buah hati, karena bermanfaat hingga membantu proses metabolisme tubuh, diantaranya dengan cara menormalkan gerakan usus, membantu menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja dan mempermudah proses buang air besar, mencegah ambeien pada anak, hal-hal tersebut membantu Si Kecil memenuhi kebutuhan nutrisi harian, serta memungkinkannya mencapai berat badan yang sehat. Hal ini bukan hanya akan menjaga kesehatan saluran cernanya, namun juga meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal.

 

Ini Sumber Serat yang Baik untuk Si Kecil

 

Meski serat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun seringkali anak-anak tidak berselera untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat, baik karena bentuk atau rasanya yang kurang menarik untuk kebanyakan anak-anak. Padahal, banyak makanan lezat yang merupakan sumber serat, seperti yang berasal dari buah-buahan hingga sereal gandum.

 

Berikut ini beberapa sumber serat yang baik untuk Si Kecil yang harus Ibu ketahui, di antaranya:

Makanan yang Mengandung Serat Alami

 

Tabel di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda memperkirakan kandungan serat dalam beberapa contoh makanan berserat yang umum dikonsumsi. Namun sebelumnya, berikut adalah beberapa sumber serat alami berdasarkan jenisnya:

 

  •     Sayuran dan buah

 

Sayuran yang banyak mengandung serat antara lain adalah selada, lobak, wortel mentah, bayam, jamur, labu, asparagus, kentang, brokoli, dan kacang panjang. Sementara buah yang mengandung banyak serat antara lain adalah buah jeruk, apel, pisang, buah pir, mangga, buah persik, buah beri, dan buah ara.

 

  •     Biji-bijian utuh

Dapat ditemukan pada pasta ataupun roti berlabel biji-bijian utuh (whole grain). Beras merah dan sereal seperti oatmeal juga termasuk dalam makanan berserat tinggi.

  •     Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang kaya serat antara lain adalah lentil, kacang hitam, kacang polong, kacang merah, buncis, biji bunga matahari, kacang almond, dan pistachio.

 

  •     Buah-buahan beri.

 

  •     Roti dan sereal gandum.

 

  •     Buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang, plum, dan pir.

 

Adapun takaran serat yang dianjurkan untuk anak-anak dari Permenkes No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan, yaitu untuk usia 1 hingga 3 tahun untuk mengonsumsi serat sekitar 16 gram per hari, dan usia 4 hingga 6 tahun sekitar 22 gram. Artinya Ibu bisa memberikan sekitar 2-3 cangkir buah atau sayuran per hari untuk Si Kecil.

Tips Memenuhi Kebutuhan Serat Harian

Beberapa tips sederhana berikut dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan serat harian:

  • Hindari mengonsumsi satu jenis makanan yang sama. Mengonsumsi berbagai jenis makanan berbeda membuat kebutuhan akan serat lebih berpeluang untuk bisa
  • Sebisa mungkin, konsumsi buah dan beberapa jenis sayur beserta kulitnya.
  • Coba ganti camilan Anda dengan buah segar atau kacang tanpa tambahan garam atau gula.
  • Saat akan mengonsumsi makanan kemasan, periksa kandungan serat yang tercantum pada label kemasan.

 

Pastikan bunda  memenuhi kebutuhan serat harian Si Kecil, yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, lengkapi pula dengan asupan nutrisi tambahan lainnya seperti vitamin dan susu pertumbuhan yang mengandung serat vitamin dan mineral yang dibutuhkan Si Kecil untuk mendukung kesehatan pencernaan, daya tahan tubuh, serta tumbuh kembangnya. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lengkap terkait nutrisi Si Kecil.

Tinggalkan Balasan