Viral Terapi Oksigen, Bikin Awet Muda

Wajah yang awet muda adalah dambaan bagi banyak orang. Salah satu metode kecantikan yang dituding mampu mewujudkan hal tersebut adalah terapi oksigen. Apakah anggapan tersebut sejalan dengan fakta medis yang sebenarnya?

Bagi Anda yang belum tahu, terapi oksigen adalah pemberian oksigen dengan kadar 100 persen dengan tekanan tinggi dalam suatu ruangan untuk dihirup oleh pasien. Ada dua jenis ruangan untuk terapi oksigen, yakni ruangan yang hanya ditempati oleh satu pasien dan ruangan yang dapat ditempati oleh beberapa pasien sekaligus.

Mengungkap manfaat terapi oksigen

Dalam medis, terapi oksigen memiliki tujuan utama untuk membantu orang-orang yang memang kekurangan oksigen, mengalami penyumbatan pembuluh darah atau pembengkakkan pada jaringan tubuh. Peningkatan kadar oksigen akibat terapi ini akan menyebabkan paru-paru pasien menyerap oksigen lebih banyak dari biasanya sehingga gelaja-gejala penyakit terkait bisa dikendalikan bahkan hilang sepenuhnya.

Lantas, benarkah bahwa terapi oksigen mampu membuat tampilan wajah lebih awet muda?

Dikatakan oleh dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, hingga saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa terapi oksigen bisa membuat wajah tampak awet muda. Dengan kata lain, terapi ini tidak efektif jika dikatakan bisa menunda penuaan dini.

“Terapi oksigen diperuntukkan bagi orang-orang yang sebenarnya mengalami kekurangan oksigen pada pembuluh darah. Jika dikatakan bisa bikin awet muda, tentu saja itu keliru. Belum ada bukti ilmiah yang mengatakan terapi oksigen bisa bikin awet muda dan mencegah penuaan dini,” ujar dr. Alvin Nursalim

Meski begitu, lanjut dr. Alvin, terapi oksigen bisa dikatakan efektif jika digunakan untuk penyembuhan luka pada kulit.

“Dalam kondisi normal, luka di kulit biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Tapi, ada luka-luka tertentu yang sulit untuk menutup kembali, sehingga proses penyembuhannya akan lebih lama. Nah, terapi oksigen bisa membantu menyembuhkan luka tersebut dengan menyediakan kadar oksigen tinggi,” tambahnya.

Selain membantu penyembuhan luka di kulit, dr. Alvin juga mengungkap bahwa terapi oksigen dapat memberikan manfaat yang signifikan jika digunakan pada kasus:

  • Keracunan karbonmonoksida
    Membantu penyembuhan cangkok kulit
    Mengatasi cedera otak akibat kecelakaan
    Infeksi tulang
    Luka bakar
    Sakit kepala
    Memperlambat cedera akibat radiasi
    Infeksi jaringan lunak
    Penyakit dekompresi, yaitu kondisi yang terjadi akibat aliran darah terhambat.

Tips awet muda yang sebenarnya

Terapi oksigen terbukti tidak efektif untuk membuat wajah awet muda. Daripada terus bergantung pada hal-hal yang belum pasti, lebih baik lakukan ini agar wajah Anda bisa benar-benar awet muda:

1. Hindari paparan sinar matahari terlalu sering

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, radiasi ultraviolet dari matahari bisa menembus ke kulit wajah dan menyebabkan kerusakan pada kolagen. Hal inilah yang mampu mempercepat proses penuaan pada kulit wajah.

“Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa berlindung di balik payung, menggunakan dengan topi atau pakaian tertutup, serta menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih,” tuturnya.

2. Stop merokok

Selain menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini.

“Kebiasaan merokok bisa memicu timbulnya kerutan dan membuat kulit tampak kusam serta tidak bercahaya,” tambah dr. Atika.

3. Jangan sering mengernyitkan wajah

Terlalu sering mengernyitkan dahi saat sedang stres atau menyipitkan mata agar melihat lebih jelas bisa mempercepat timbulnya kerutan pada kulit. Oleh karena itu, selalu kontrol wajah Anda dan periksakan kondisi mata jika penglihatan mulai kabur atau buram.

4. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Tak hanya menyehatkan tubuh, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga membantu mencegah kerusakan kulit akibat proses penuaan.

Bagi Anda yang ingin awet muda, konsumsilah makanan yang kaya antioksidan, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Antioksidan bisa membantu meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh dan melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

5. Olahraga teratur

Pola makanan sehat dan bergizi seimbang perlu dikombinasikan dengan olahraga teratur agar bisa benar-benar efektif mencegah penuaan dini. Anda dianjurkan untuk olahraga selama 30 menit setiap hari secara rutin dan teratur, agar sirkulasi darah lebih lancar dan kulit terjaga elastisitasnya.

Nah, karena belum terbukti efektif, Anda sebaiknya tidak lagi mengandalkan terapi oksigen untuk mewujudkan penampilan yang awet muda. Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk bisa selalu tampak awet muda adalah dengan menjalankan pola hidup sehat yang disarankan di atas.